Ulasan Spesifikasi Harga dan Kelebihan All New Ford Focus RS

Ulasan Spesifikasi Harga dan Kelebihan All New Ford Focus RS

Bersamaan dengan diluncurkannya Ford All New Everest dan juga Ford New Ranger, Ford Motor Indonesia juga menelurkan satu lagi varian yang akan menemani New Ranger dan juga New Everest. Adalah unit hatchback Ford Focus Rs yang juga ditampilkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun lalu. Selama ini, Ford memang dikenal sebagai pabrikan yang selalu ‘adem ayem’, nyaris tanpa gembar-gembor jika merilis produk baru.
 All New Ford Focus RS
Sebelum merilis Ford Focus Rs ini, Ford pun juga sempat mengagetkan dunia otomotif Tanah Air ketika ‘tiba-tiba’ meluncurkan New Fiesta. Namun melalui ajang GIIAS 2015, Ford secara terbuka memperkenalkan varian baru sporty hatchback Ford Focus Rs yang merupakan saudara kandung namun beda jenis dari sedan Ford Focus. 

Jika sedan Focus merupakan tunggangan elegan yang memancarkan aura eksklusifitas tingkat tinggi, maka Ford Focus ini tampil dengan selera khas anak muda yang sporty abis. Pernah membayangkan apa jadinya jika eksklusifitas sedan Ford Focus ‘bertubrukan’ dengan gaya stylish nan sporty ala hatchback New Focus? Ya, ramuan ajaib ala Ford itu menghasilkan sebuah unit kendaraan ‘banyak rasa’ seperti Ford Focus Rs yang akan segera kita bahas ini.

Secara fisik, mobil baru racikan Ford ini memiliki ukuran tubuh cukup rendah untuk ukuran hatchback, seukuran New Yaris lansiran Toyota. Namun justru disitulah kekuatan utama Ford Focus ini. Ford sendiri meracik New Focus dengan konsep sprty aerodinamic. 

Seperti yang Mas Sena singgung tadi, bodi stream ala sedan Focus memang diadaptasi untuk membangun hatchback Ford Focus Rs ini. Selain mengusung desain bodi yang lebih elegan dan sporty, Ford pun membawa tenaga baru dalam diri New Focus versi hatchback ini. Adalah mesin berjenis Ti-VCT GDI i-4 yang merupakan mesin berbasis sama dengan generasi Ford Focus Rs sebelumnya. 

Mesin berkapasutas 2.0L itu juga sudah dilengkapi dengan teknologi Ford EcoBoost Engine yang merupakan teknologi terbaru dari Ford untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar minyak. Jadi, Ford Focus Rs ini merupakan kombinasi sempurna antara nyamannya sedan Focus, performa tinggi mesin berteknologi EcoBoost, serta desain sporty khas Ford. 

Spesifikasi All New Ford Focus RS

Desain

Seperti disebutkan diatas, Ford Focus RS ini adalah tipe hatchback. Mobil tipe hatchback adalah tipe mobil yang dirancang mirip sedan. Biasanya, mobil tipe hatchback memiliki bagian belakang yang agak pendek. Mobil hatchback memiliki pintu bagasi yang disambungkan ke kaca belakang.
 All New Ford Focus RS
Sebagai mobil tipe hatchback, Ford Focus RS sangat bernuansa sporty. Selain sporty, bodi mobil ini juga kental dengan nuansa elegan. Ya, Ford Focus RS ini mencampurkan unsur sporty dan elegan. Juga, bodi mobil ini kental dengan tampilan segar serta futuristik.

Lalu, desain apa lagi yang dihadirkan oleh Ford Focus RS? Pertama, Ford Focus RS ini memiliki pintu dengan 5 model. Kedua, tampilan depan mobil ini dibuat lebih ramping daripada sebelumnya. Ketiga, adanya headlamp halogen membuat mobil ini tampil lebih garang.

Keempat, foglamp-nya didesain menyerupai headlamp yang juga memiliki desain serupa. Kelima, warna krom pada kaca membuat aura mewahnya semakin kentara. Keenam, ditambahkannya spoiler dengan desain yang mengikuti bodi mobil ini. Ketujuh, warna biru yang menjadi kebanggaan dari mobil hatchback ini.

Mesin

Desain yang elegan tentunya harus didukung dengan mesin yang mantap. Jangan menang tampang doang tetapi kualitas rendah. Lalu, bagaimana performa mesin dari All New Ford Focus RS?

Oleh Ford, mobil ini sudah dipasangi mesin yang cukup garang. Mesin itu adalah mesin Ti-VCT -4 dengan tenaga Flex Fuel.

Ti-VCT i-4 juga dikenal dengan nama lain Optional PZEV States. Dimana mesin ini memadukan Powertrain Control Module sebagai teknologi tercanggihnya. Pada putaran 6.000rpm, mobil ini menghasilkan tenaga maksimum 180 PS. Torsi maksimum mobil adalah 240 Nm pada putaran sebesar 5.000rpm.

Harga All New Ford Focus RS

Desain cantik dan mesin garang tentulah didukung harga yang cocok. Lalu, berapakah harga per unit dari Ford Focus RS ini? Ternyata, harganya sama dengan varian sedan Ford, yaitu 418 juta. Harga yang dipasang ini adalah OTR atau On the Road.


Kelebihan All New Ford Focus RS

Kelebihan pertama dari Ford Focus RS ada pada performa mesinnya. Ketika dikendarai, ada pelebaran pada akselerasinya yang melewati tekanan gravitasi. Ini membuat Ford Focus RS cocok digunakan untuk melakukan drift. Drift sendiri adalah teknik menyetir mobil dimana mobil dibuat meluncur.
 All New Ford Focus RS
Kelebihan kedua ada pada kabin mobil yang dibuat sangat mewah. Nuansa interior hi-tech bisa langsung dirasakan saat memasuki kabin mobil. Kelebihan ketiga, tentunya, adalah fitur-fitur keamanan dan teknologi yang canggih. Fitur-fitur entertainment juga tidak lupa disematkan untuk tujuan kenyamanan penumpang.

Bagaiamana ada yang tertarik dengan mobil yang satu ini, bila kalian semua ada yang berminat untuk memilkinya. kalian harus rela merogoh saku anda dengan angka yang cukup mahal yaitu kurang lebih 400 jutaan. Dan untuk mengetahui lebih lengkap tentang mobil yang satu ini, kalian dapat datang langsung saja ke dealer ford di sekitar kota anda.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ulasan Spesifikasi Harga dan Kelebihan All New Ford Focus RS"

Posting Komentar